Saturday, November 5, 2016

Dua Hal yang Perlu di Perhatikan dalam Membuat dokumen Lamaran Pekerjaan



Hai-hai selamat malam sobat catatan-cermin dimana pun kalian berada, sudah lama saya tidak membagikan cerita saya dalam dunia jurnalistik di karenakan kesibukkan saya di dunia saya mengharuskan saya berhenti sejenak untuk menulis, mencatat serta membagikan catatan saya itu kedalam blog yang sudah lama kalian ketahui.
Ya dalam kehidupan jaman sekarang manusia sangat tentu dan sudah pasti memerlukan yang namanya pekerjaan, sebab tanpa sebuah pekerjaan manusia tidak akan bisa memberikan nafkah kepada dirinya atau pun kepada keluarganya. Sebelum anda mencari pekerjaan anda sudah sepasti nya akan membuat yang namanya dokumen-dokumen yang akan anda gunakan ketika anda melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan. Beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam membuat dokumen lamaran pekerjaan di antaranya :\

1.  Surat lamaran pekerjaan.
Dokumen yang perlu kalian perhatikan sebelum melamar pekerjaan adalah disaat kalian membuat surat peryataan lamaran pekerjaan. Karena pada dokumen ini lah kemampuan kita, pribadi kita serta ke seriusan kita dalam mencari pekerjaan akan di nilai oleh HRD atau pun Personalia di tempat yang akan kita tuju. Dalam penulisan atau pun pembuatan surat lamaran pekerjaan ada 3 hal yang perlu kalian perhatikan, dan berikut hal-hal yang perlu kalian perhatikan :
Pertama , Jangan sekali-kali kalian mengikuti contoh-contoh surat lamaran pekerjaan yang telah tersebar di dunia internet. Karena surat lamaran adalah suatu dokumen yang sangat vital dalam dunia kerja. Jika surat lamaran yang kita buat adalah hasil ”Copy Paste” dari internet maka bukan tidak mungkin lamaran yang kita buat tidak akan di anggap sama sekali oleh pihak personalia di perusahaan yang kalian tuju. Berikut contoh-contoh surat lamaran yang banyak sekali di bagikan di dunia internet :
Tangerang, 5 November 2016
Contoh 1
Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.
Kepala Bagian Personalia / HRD
PT. Ubit Bitu
Jl. Sengklek Raya No. 77

Dengan hormat,

Bpk. Kamaluddin, seorang asisten editor di PT. Ubit Bitu, menginformasikan kepada saya tentang rencana pengembangan Departemen Finansial PT. Ubit Bitu.
Sehubungan dengan hal tersebut, perkenankan saya mengajukan diri (melamar kerja) untuk bergabung dalam rencana pengembangan PT. Ubit Bitu.

Mengenai diri saya, dapat saya jelaskan sebagai berikut :
Nama
: Pika Pupita Sari
Tempat & tgl. lahir
: Tasikmalaya, 28 Agustus 1990
Pendidikan Akhir
: Sarjana Akuntansi Universitas Indonesia Jakarta
Alamat
: Perum Asri  Indah, Blok X No.8, Jakarta Utara
Telepon, HP
: 021 - 1234567, HP = 0812 3456 7890
e-mail
abcd@gmail.com
Status Perkawinan
: Belum Menikah.

Saat ini saya bekerja di PT. Aipa Collection, sebagai staff akuntansi dan perpajakan, dengan fokus utama pekerjaan di bidang finance dan perpajakan.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1.     Daftar Riwayat Hidup.
2.     Foto copy ijazah S-1.
3.     Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4.     Pas foto terbaru.
Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.

Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.


Hormat saya,


Pika Puspita Sari



Contoh 2

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Ubit Bitu
Jl. Sengklek Raya No. 77
Tasikmalaya

Dengan hormat,

Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Ubit Bitu, seperti yang termuat di harian Kompas tanggal 24 Juli 2015. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim IT di PT. Ubit Bitu.

Data singkat saya, seperti berikut ini.

Nama
: Putri Titian
Tempat & tgl. lahir
: Jakarta, 5 April 1991
Pendidikan Akhir
: Sarjana Komputer Universitas Indonesia - Jakarta
  (Konsentrasi Teknik Komputer)
Alamat
: Perum Nagaki 12, Blok X No.7, Jakarta
Telepon, HP
: 021 - 000000, / 0812 3456 789
e-mail
abcde@gmail.com
Status Perkawinan
: Belum Menikah.

Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan IT dan pemrograman. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi MS Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.

Saat ini saya bekerja sebagai staff IT di PT. Halilintar. Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1.     Daftar Riwayat Hidup.
2.     Foto copy ijazah S-1.
3.     Foto copy ranskrip nilai.
4.     Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
5.     Pas foto terbaru.
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.
Hormat saya,


Putri Titian


Dari 2 contoh surat lamaran yang saya cantumkan diatas bisa kalian nilai sendiri dimana letak kesalahan nya. Biar kalian tidak bingung dimana letak kesalahan nya disini saya akan jabarkan dimana letak kesalahan dari 2 contoh surat lamaran pekerjaan diatas.
Yang pertama terletak di bagian biodata diri
Nama
: Putri Titian
Tempat & tgl. lahir
: Jakarta, 5 April 1991
Pendidikan Akhir
: Sarjana Komputer Universitas Indonesia - Jakarta
  (Konsentrasi Teknik Komputer)
Alamat
: Perum Nagaki 12, Blok X No.7, Jakarta
Telepon, HP
: 021 - 000000, / 0812 3456 789
e-mail
abcde@gmail.com
Status Perkawinan
: Belum Menikah.

Mengapa pada bagian ini saya anggap ini adalah satu kesalahan yang sangat fatal? Karena jika kalian meletakkan ini dalam surat lamaran pekerjaan yang kalian buat otomatis kalian tidak perlu membuat daftar riwayat hidup. Karena pada daftar riwayat hidup kita menerangkan data diri kita kepada pihak HRD maupun Personalia. Dari data diri sampai kepada riwayat pendidikan serta prestasi. Boleh kalian mencantumkan ini dalam pembuatan surat lamaran kerja tapi setelah nya jangan sampai kalian mencantumkan dokumen “Daftar Riwayat Hidup”. Karena jika kalian mencantumkan ini pada surat lamaran pekerjaan dan juga pada daftar riwayat hidup kalian pihak personalia dan juga HRD akan memiliki anggapan yang lain seperti “Saya sudah tau data diri anda dari info data diri yang sudah anda cantumkan pada surat lamaran pekerjaan jadi buat apa anda cantumkan lagi data diri anda pada dokumen daftar riwayat hidup?” itu sama saja anda membuang-buang kertas dengan percuma.
Yang kedua terletak pada bagian nomor telepon atau nomor yang bisa di hubungi seperti ini
Telepon, HP
: 021 - 000000, / 0812 3456 789

Jika kalian memiliki 2 nomor hp silahkan cantumkan salah satu nomor hp yang paling aktif kalian gunakan sehari-hari. Jangan coba-coba kalian mencantumkan 2 nomor hp kalian sekaligus karena itu bakal berpengaruh terhadap penilaian yang di dapatkan dari pihak personalia. Buat apa anda mencantumkan 2 nomor sekaligus memangnya saya akan menyimpan nomor anda pada hp saya?
Yang ketiga terletak pada bagian lampiran dokumen pendukung
Contoh yang salah seperti di bawah ini :
1.     Daftar Riwayat Hidup.
2.     Foto copy ijazah S-1.
3.     Foto copy ranskrip nilai.
4.     Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
5.     Pas foto terbaru.
Ketika kalian ingin melampirkan dokumen pendukung usahakan kalian menuliskan rincian mulai dari dokumen yang paling kecil terlebih dahulu seperti
1.      Pas foto terbaru (2x3/3x4/4x6)
2.      Foto Copy KTP terbaru
3.      Daftar Riwayat Hidup
4.      Foto Copy Ijazah terakhir
5.      Foto Copy Transkip Nilai (Jika di perlukan)
Dan jika kalian ingin melampirkan dokumen pendukung yang lain seperti sertifikat penghargaan atas keterampilan kalian pada bidang yang lain anda bisa langsung melampirkan itu pada bagian paling belakang setelah 5 dokumen diatas tanpa harus menyebutkan nya dalam lampiran surat lamaran pekerjaan.

2.    Susunan Dokumen Lamaran Pekerjaan
Dalam menyusun dokumen lamaran yang akan di lampirkan yang akan di gunakan sebagai pendukung penilaian kita yang di dapatkan dari pihak personalia juga harus di perhatikan jangan asal-asalan menyusun. Dan berikut adalah susunan dokumen yang baik dan benar :
1.      Pas Foto Terbaru
2.      Foto Copy KTP terbaru
3.      Daftar Riwayat Hidup
4.      Foto Copy Ijazah terakhir
5.      Foto Copy transkip nilai (jika di perlukan)
Dan dokumen pendukung lainnya seperti
1.      Kartu pencari kerja (Kartu Kuning)
2.      Akte Kelahiran
3.      Kartu Keluarga
4.      SKCK
5.      NPWP(Jika diperlukan)
6.      Sertifikat penghargaan(usahakan yang menambah penilaian kita di depan HRD)
Dokumen pendukung di lampirkan setelah 5 dokumen terpenting di susun secara baik dan benar.
Demikian catatan penting yang bisa saya bagikan pada kalian semua untuk pertanyaan bisa kalian tanyakan langsung pada saya di aplikasi Whatsapp dengan nomor 0816642195. Kurang lebih nya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.




No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar anda dan usahakan komentar yang menggunakan kata yang baik ya sobat :-)

Subscribe

Flickr