Hai-hai selamat malam sobat catatan-cermin dimana
pun kalian berada, sudah lama saya tidak membagikan cerita saya dalam dunia jurnalistik
di karenakan kesibukkan saya di dunia saya mengharuskan saya berhenti sejenak
untuk menulis, mencatat serta membagikan catatan saya itu kedalam blog yang
sudah lama kalian ketahui.
Ya dalam kehidupan jaman sekarang manusia sangat
tentu dan sudah pasti memerlukan yang namanya pekerjaan, sebab tanpa sebuah
pekerjaan manusia tidak akan bisa memberikan nafkah kepada dirinya atau pun
kepada keluarganya. Sebelum anda mencari pekerjaan anda sudah sepasti nya akan
membuat yang namanya dokumen-dokumen yang akan anda gunakan ketika anda melamar
pekerjaan ke sebuah perusahaan. Beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam
membuat dokumen lamaran pekerjaan di antaranya :\
1. Surat lamaran pekerjaan.
Dokumen yang perlu
kalian perhatikan sebelum melamar pekerjaan adalah disaat kalian membuat surat
peryataan lamaran pekerjaan. Karena pada dokumen ini lah kemampuan kita,
pribadi kita serta ke seriusan kita dalam mencari pekerjaan akan di nilai oleh
HRD atau pun Personalia di tempat yang akan kita tuju. Dalam penulisan atau pun
pembuatan surat lamaran pekerjaan ada 3 hal yang perlu kalian perhatikan, dan
berikut hal-hal yang perlu kalian perhatikan :
Pertama , Jangan
sekali-kali kalian mengikuti contoh-contoh surat lamaran pekerjaan yang telah
tersebar di dunia internet. Karena surat lamaran adalah suatu dokumen yang
sangat vital dalam dunia kerja. Jika surat lamaran yang kita buat adalah hasil ”Copy Paste” dari internet maka bukan
tidak mungkin lamaran yang kita buat tidak akan di anggap sama sekali oleh
pihak personalia di perusahaan yang kalian tuju. Berikut contoh-contoh surat
lamaran yang banyak sekali di bagikan di dunia internet :
Tangerang,
5 November 2016
Contoh 1
Hal :
Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.
Kepala Bagian Personalia
/ HRD
PT. Ubit Bitu
Jl. Sengklek Raya No. 77
Dengan hormat,
Bpk. Kamaluddin, seorang
asisten editor di PT. Ubit Bitu, menginformasikan kepada saya tentang rencana
pengembangan Departemen Finansial PT. Ubit Bitu.
Sehubungan dengan hal
tersebut, perkenankan saya mengajukan diri (melamar kerja) untuk bergabung
dalam rencana pengembangan PT. Ubit Bitu.
Mengenai diri saya, dapat
saya jelaskan sebagai berikut :
Nama
|
:
Pika Pupita Sari
|
Tempat
& tgl. lahir
|
:
Tasikmalaya, 28 Agustus 1990
|
Pendidikan
Akhir
|
:
Sarjana Akuntansi Universitas Indonesia Jakarta
|
Alamat
|
:
Perum Asri Indah, Blok X No.8, Jakarta Utara
|
Telepon,
HP
|
:
021 - 1234567, HP = 0812 3456 7890
|
e-mail
|
: abcd@gmail.com
|
Status
Perkawinan
|
:
Belum Menikah.
|
Saat ini saya bekerja di
PT. Aipa Collection, sebagai staff akuntansi dan perpajakan, dengan fokus utama
pekerjaan di bidang finance dan perpajakan.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Foto copy ijazah S-1.
3. Foto copy sertifikat
kursus/pelatihan.
4. Pas foto terbaru.
Besar harapan saya untuk
diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri
saya. Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar
belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.
Demikian saya sampaikan.
Terima kasih atas perhatian Bapak.
Hormat saya,
Pika Puspita Sari
Contoh 2
Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya
Manusia
PT. Ubit Bitu
Jl. Sengklek Raya No. 77
Tasikmalaya
Dengan hormat,
Sesuai dengan penawaran
lowongan pekerjaan dari PT. Ubit Bitu, seperti yang termuat di harian Kompas
tanggal 24 Juli 2015. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim IT di
PT. Ubit Bitu.
Data singkat saya, seperti berikut ini.
Nama
|
: Putri Titian
|
Tempat & tgl.
lahir
|
: Jakarta, 5 April
1991
|
Pendidikan Akhir
|
: Sarjana Komputer
Universitas Indonesia - Jakarta
|
(Konsentrasi Teknik Komputer)
|
|
Alamat
|
: Perum Nagaki 12,
Blok X No.7, Jakarta
|
Telepon, HP
|
: 021 - 000000, / 0812
3456 789
|
e-mail
|
: abcde@gmail.com
|
Status Perkawinan
|
: Belum Menikah.
|
Saya memiliki kondisi
kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara
lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta
memiliki kemampuan IT dan pemrograman. Saya telah terbiasa bekerja dengan
menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi MS Office, seperti
Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet, maupun surat-menyurat
dalam Bahasa Inggris.
Saat ini saya bekerja sebagai staff IT di PT. Halilintar. Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Foto copy ijazah S-1.
3. Foto copy ranskrip nilai.
4. Foto copy sertifikat
kursus/pelatihan.
5. Pas foto terbaru.
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan
waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan
secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.
Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.
Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.
Hormat saya,
Putri Titian
Putri Titian
Dari 2 contoh surat
lamaran yang saya cantumkan diatas bisa kalian nilai sendiri dimana letak
kesalahan nya. Biar kalian tidak bingung dimana letak kesalahan nya disini saya
akan jabarkan dimana letak kesalahan dari 2 contoh surat lamaran pekerjaan
diatas.
Yang pertama terletak
di bagian biodata diri
Nama
|
: Putri Titian
|
Tempat & tgl.
lahir
|
: Jakarta, 5 April
1991
|
Pendidikan Akhir
|
: Sarjana Komputer
Universitas Indonesia - Jakarta
|
(Konsentrasi Teknik Komputer)
|
|
Alamat
|
: Perum Nagaki 12,
Blok X No.7, Jakarta
|
Telepon, HP
|
: 021 - 000000, / 0812
3456 789
|
e-mail
|
: abcde@gmail.com
|
Status Perkawinan
|
: Belum Menikah.
|
Mengapa pada bagian ini
saya anggap ini adalah satu kesalahan yang sangat fatal? Karena jika kalian meletakkan
ini dalam surat lamaran pekerjaan yang kalian buat otomatis kalian tidak perlu
membuat daftar riwayat hidup. Karena pada daftar riwayat hidup kita menerangkan
data diri kita kepada pihak HRD maupun Personalia. Dari data diri sampai kepada
riwayat pendidikan serta prestasi. Boleh kalian mencantumkan ini dalam
pembuatan surat lamaran kerja tapi setelah nya jangan sampai kalian
mencantumkan dokumen “Daftar Riwayat
Hidup”. Karena jika kalian mencantumkan ini pada surat lamaran pekerjaan
dan juga pada daftar riwayat hidup kalian pihak personalia dan juga HRD akan
memiliki anggapan yang lain seperti “Saya sudah tau data diri anda dari info
data diri yang sudah anda cantumkan pada surat lamaran pekerjaan jadi buat apa
anda cantumkan lagi data diri anda pada dokumen daftar riwayat hidup?” itu sama
saja anda membuang-buang kertas dengan percuma.
Yang kedua terletak
pada bagian nomor telepon atau nomor yang bisa di hubungi seperti ini
Telepon, HP
|
: 021 - 000000, / 0812
3456 789
|
Jika kalian memiliki 2
nomor hp silahkan cantumkan salah satu nomor hp yang paling aktif kalian
gunakan sehari-hari. Jangan coba-coba kalian mencantumkan 2 nomor hp kalian
sekaligus karena itu bakal berpengaruh terhadap penilaian yang di dapatkan dari
pihak personalia. Buat apa anda mencantumkan 2 nomor sekaligus memangnya saya
akan menyimpan nomor anda pada hp saya?
Yang ketiga terletak
pada bagian lampiran dokumen pendukung
Contoh yang salah
seperti di bawah ini :
1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Foto copy ijazah S-1.
3. Foto copy ranskrip nilai.
4. Foto copy sertifikat
kursus/pelatihan.
5. Pas foto terbaru.
Ketika kalian ingin
melampirkan dokumen pendukung usahakan kalian menuliskan rincian mulai dari
dokumen yang paling kecil terlebih dahulu seperti
1.
Pas foto terbaru (2x3/3x4/4x6)
2.
Foto Copy KTP terbaru
3.
Daftar Riwayat Hidup
4.
Foto Copy Ijazah terakhir
5.
Foto Copy Transkip Nilai (Jika di
perlukan)
Dan jika kalian ingin
melampirkan dokumen pendukung yang lain seperti sertifikat penghargaan atas
keterampilan kalian pada bidang yang lain anda bisa langsung melampirkan itu
pada bagian paling belakang setelah 5 dokumen diatas tanpa harus menyebutkan
nya dalam lampiran surat lamaran pekerjaan.
2.
Susunan
Dokumen Lamaran Pekerjaan
Dalam menyusun dokumen
lamaran yang akan di lampirkan yang akan di gunakan sebagai pendukung penilaian
kita yang di dapatkan dari pihak personalia juga harus di perhatikan jangan
asal-asalan menyusun. Dan berikut adalah susunan dokumen yang baik dan benar :
1. Pas
Foto Terbaru
2. Foto
Copy KTP terbaru
3. Daftar
Riwayat Hidup
4. Foto
Copy Ijazah terakhir
5. Foto
Copy transkip nilai (jika di perlukan)
Dan dokumen pendukung lainnya
seperti
1. Kartu
pencari kerja (Kartu Kuning)
2. Akte
Kelahiran
3. Kartu
Keluarga
4. SKCK
5. NPWP(Jika
diperlukan)
6. Sertifikat
penghargaan(usahakan yang menambah penilaian kita di depan HRD)
Dokumen pendukung di lampirkan setelah 5 dokumen
terpenting di susun secara baik dan benar.
Demikian catatan penting yang bisa saya bagikan pada
kalian semua untuk pertanyaan bisa kalian tanyakan langsung pada saya di
aplikasi Whatsapp dengan nomor 0816642195. Kurang lebih nya saya mohon maaf
yang sebesar-besarnya.
No comments:
Post a Comment
Silahkan beri komentar anda dan usahakan komentar yang menggunakan kata yang baik ya sobat :-)